Uji coba masuk Wibeside Resmi Desa Kayutrejo Kecamatan Widodaren Kab, Ngawi -- selengkapnya... Gandeng SMA N I Ngrambe Ujian sistem Computer Assisted Test (CAT) Perangkat Desa Kayutrejo Sukses

Artikel

Tradisi Gerhana Bulan

08 November 2022 22:29:58  Administrator  83 Kali Dibaca  Berita Desa

KAYUTREJO.DESA.ID -

Mitos datangnya penyakit yang akan kena janin para perempuan hamil saat terjadi gerhana bulan masih melekat di sebagian masyarakat Jawa. Saat gerhana terjadi, para perempuan hamil pun biasa menggelar tradisi kendurenan (bancaan) yang dipercaya untuk keselamatan Ibu dan anak yang dikandungnya.

Seperti yang dilakukan keluarga Bp Wage (61),warga Lingkungan Dusun Kayutrejo rt 04/04, Desa Kayutrejo, Kecamatan Widodaren, Kab Ngawi,

Rabu (8/11/2022) sore. Dia menggelar tradisi Kendurenan untuk kehamilan putrinya, Uut Diah tri utami (32). Kebetulan kehamilan Uut yang menginjak 4 bulan bertepatan dengan gerhana bulan yang juga terlihat dari Kayutrejo "Ini tradisi yang diwariskan kakek buyut kami secara turun temurun. Tujuannya untuk meminta keselamatan ," kata Wage kepada undangan.

Sore ini, di halaman rumah keluarga Wage terlihat beberapa bapak-bapak berkumpul. Mereka adalah tetangga Wage yang sengaja diundang untuk kenduri (banca an).

Menu khusus tradisi kenduri yang disiapkan keluarga Wage sejak siang tadi pun disuguhkan. Satu bakul nasi , Lauknya pun khusus.

Yakni telur rebus lengkap dengan urap atau kulupan dan bothok Selain itu, 2 buah tumpeng kembar yang disebut tumpeng laki-laki dan perempuan menjadi suguhan wajib tradisi ini. Kalau tumpeng kembar maksudnya apa pun jenis kelamin cucu saya nanti, semoga lahir dengan selamat," ujar Wage Setelah didoakan,aneka makanan pun dibagikan ke bapak-bapak yang mengikuti kenduri.

Sebagai generasi masa kini, Uut mau tak mau harus nurut dengan mitos dan tradisi kenduri ini. Terlebih lagi ini kehamilan dia yang ke dua "Saya berharap proses persalinan saya nanti lancar. Bayi yang saya lahirkan normal dan sehat," kata Uut Dari wilayah Kayutrejo, gerhana bulan sore ini tidak terlihat total Fenomena alam langka itu mulai terjadi sekitar pukul 18.21 WIB. Puncaknya pukul 19.44-19.20 WIB.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next