Uji coba masuk Wibeside Resmi Desa Kayutrejo Kecamatan Widodaren Kab, Ngawi -- selengkapnya... Gandeng SMA N I Ngrambe Ujian sistem Computer Assisted Test (CAT) Perangkat Desa Kayutrejo Sukses

Artikel

Pelatihan Tehnologi Tepat Guna ( TTG ) Desa Kayutrejo

21 Desember 2022 22:11:44  Administrator  202 Kali Dibaca  Berita Desa

KAYUTREJO. DESA.ID Pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) pembuatan pupuk organik adalah upaya Pemerintah Desa Kayutrejo untuk menunjang anggota kelompok tani dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pengembangan pendidikan pertanian ramah lingkungan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Pendopo Desa Kayutrejo pada Rabu (21-12-2022) dihadiri oleh anggota kelompok tani, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)Pendamping Desa Camat Widodaren , Kepala Desa serta Perangkat Desa Kayutrejo.

Pembuatan pupuk pada pelatihan TTG ini memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar Desa Kayutrejo, seperti kotoran dan urine hewan ternak sebagai bahan utama. PPL memberikan arahan dalam pembuatan pupuk organik kepada para petani.

Pada kesempatan ini, petani akan praktik secara langsung untuk membuat Pupuk Organik Padat (POP),Pupuk Organik Cair (POC), dan Mikro Organisme Cair (MOL). “Desa kita memiliki potensi untuk membuat pupuk organik karena adanya kotoran hewan ternak yang melimpah, karena banyak sekali warga kita yang berternak

PPL menjelaskan bahwa banyaknya masalah pertanian akhir-akhir ini seperti kerdil rumput dan kerdil hampa adalah akibat para petani yang cenderung dalam menggunakan bahan kimia dalam pertanian.

Sehingga menyebabkan tanah menjadi tidak sehat. Dalam hal ini, untuk memulihkan kesehatan tanah diperlukan pemberian pupuk organik pada tanah. Sehingga pelatihan pembuatan pupuk organik ini sangat dibutuhkan oleh petani.

Selain menjaga kesehatan tanah, pupuk organik menjadi alternatif yang dapat membantu petani yang kesulitan untuk mendapatkan pupuk subsidi. Dengan bahan pembuatan pupuk organik yang ekonomis tentu tidak memberatkan petani.

Kita semua berharap jika sebaiknya para petani Desa Kayutrejo dapat memproduksi pupuk organik sendiri mengingat melimpahnya bahan baku yang tersedia di lingkungan Desa Kayutrejo. Selain itu petugas juga menghimbau para petani untuk menindaklanjuti apa yang didapat dalam pelatihan hari ini.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next